Jalan-Jalan kota Paris dan Latar Belakang Sejarahnya.
Sejarah Kota Paris

Back to Summary

Rue de Rivoli, Paris - PARISIA presents History of Paris France, Historical Paris France.

Rue de Rivoli


The rue du Chat qui Pêche, Paris - PARISIA presents History of Paris France, Historical Paris France.

Jalan Pancing Kucing

Selama pemerintahan Louis XIV terdapat 853 jalan di Paris. Sekarang jumlah jalan di Paris ada lebih dari 5400!

Jalan-jalan saat itu sangat sempit, terkadang kotor dan penuh lumpur.

Adalah Raja Philippe Auguste yang memutuskan untuk melapisi jalan dengan batu pipih dan licin. Melapisi jalan dengan batu pertama kali dilakukan pada kebanyakan jalan yang digunakan: "Saint-Jacques, Saint-Martin, Saint-Antoine dan Saint-Honoré" dan juga terhadap jembatan "Petit-Pont" serta jembatan "Pont au Change".

Pada masa lalu jalan-jalan gelap serta berlumpur dengan hanya ada satu selokan di tengahnya.

Kaki lima tidak ada tetapi dasar penanda kilometer digunakan untuk melindungi pejalan kaki dari lalu lintas.

Hanya setelah berada di bawah kekuasaan Napoleon pertama pada tahun 1805 parit yang ditengah itu ditekan serta penanda kilometer mememberi kesempatan untuk lahirnya kaki lima.

Sebelum tahun 1728, karena orang tak bisa membaca, jalan-jalan diberi tanda yang dapat menjelaskan dirinya sendiri. Nama jalan tak ada (tanda pertama untuk jalan dibikin tahun 1728). Rumah juga tak bernomor.hanya rumah-rumah yang dibangun setelah tahun 1806 yang punya nomor.

  • Penerangan : Pada mulanya, jalan-jalan kota Paris diterangi dengan nyala lilin. Dengan tiang penerangan jalan dan pada tahun 1829 sistem penerangan pertama dipasang pada jalan besar.

  • Lalu lintas : Selamam beberapa abad, kereta ditarik oleh keledai atau kuda, tanpa menyebutkant jalan kaki. Itulah satu satunya alat transportasi. Dari abad 19, trolley merupakan alat transportasi utama yang populer. Jalan bawah tanah mulai dibangun tahun 1900. Kemudian pada abad 20 barulah muncul mobil yang pertama.

  • Air : air dari sungai merupakan sumber air utama yang digunakan.. Untuk memenuhi kebutuhan penduduk akan air minum, Kaisar Julien (331-363), mendirikan sebuah saluran air antara lembah Bièvre sampai ke Arcueil.

Hunian sisi kiri dipakai pada masa Abad Pertengahan.

Dibawah pemerintahan Raja Philippe Auguste, air dari "Pré-Saint-Gervais" serta yang dari "Belleville" dibawa dengan sebuah saluran air buatan yang dibuat dari semen untuk memberi air pada sejumlah air mancur.

Di bawah pemerintahan Raja Henri IV persediaan air dilakukan dengan memakai air sungai Seine dengan cara memompa yang disebut "La Samaritaine" yang dipasang di "Pont-Neuf".

Persediaan air minum serta sistem gotnya menggunakan air yang disaring dengan membuat sistem pembuangan sampah serta menebarkan pupuk di ladang.

JALAN JALAN KOTA PARIS YANG EKSTRIM

  • Jalan Vaugirard adalah yang terpanjang di Paris ( 4360 meter)

  • The rue des Degrès adalah yang terpendek yakni 5,75 meter

  • Avenue Foch selebar 120 meter

  • Jalan Chat qui Pêche (Jalan Pancing Kucing)
    merupakan jalan yang paling sempit, yakni selebar anatar 2,5 sampai 7 meter!



Back to Summary